HINDU SOPOYONO: WISATA LAMPUNG
OM SVASTI ASTU - SELAMAT DATANG DI SOPOYONO BLOGSPOT
“Aku hendak membagikan apa yang kudengar – itupun jika kau mengizinkan!”

Selasa

WISATA LAMPUNG

TEMPAT WISATA

Daya tarik wisata merupakan faktor utama dalam suatu kegiatan pariwisata. Secara garis besar daya tarik wisata dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu wisata alam, wisata budaya dan wisata minat khusus. Wisata alam meliputi wisata pantai, hutan, dan pegunungan. Wisata budaya meliputi wisata di tempat-tempat peninggalan bersejarah seperti candi dan museum, serta wisata di pusat-pusat kesenian dan kebudayaan. Sedangkan untuk wisata minat khusus meliputi wisata agro, wisata petualangan dan wisata tirta.

Kota Bandar Lampung memiliki Daya Tarik Wisata yang beragam, hal ini disebabkan Daya Tarik Wisata Kota Bandar Lampung terbentuk dari kondisi fisik alam dan budaya. Wisata alam di Kota Bandar Lampung di dominasi oleh wisata pantai yang sangat bagus untuk dinikmati dan dikembangkan untuk wisata minat khusus seperti fishing, scuba diving dan rekreasi hiburan anak.

Selain itu juga didukung oleh museum sejarah,kesenian,bangunan warisan budaya, taman budaya dan rumah adat yang dimiliki Kota Bandar Lampung menjadikan kota ini mempunyai kekayaan ragam daya tarik wisata yang baik untuk dinikmati selain wisata alamnya.



    Wisata Alam
    * Bukit Randu
    * Pucak Sukadanah
    * Hutan Raya Wan Abdul Rahman
    * Objek Wisata Alam Batu Putu
    * Pantai Duta Wisata
    * Pantai Puri Gading 
    * Pantai Tirtayasa
    * Pulau Kubur

    Bangunan Bersejarah
    * Rumah sakit Santa Ana
    * Bangunan Dinas Kesehatan
    * Kapel (Gereja Kecil)
    * Penjagalan
    * Rumah Tinggal Hati Kudus
    * Rumah Milik Japfa Comfeed
    * Rumah Milik Bapak Nidi
    * Kelurahan Kota Kupang

    Wisata Budaya
    * Kampus Universitas Lampung
    * Vihara Thay Hin Bio
    * Masjid Tua Al Anwar
    * Pura Way Lunik
    * Monumen Krakatau (Taman Dipangga)
    * Museum Lampung
    * Taman Art Centre “Enggal” Bandar Lampung
    * Rumah Adat Lampung
    * Taman Budaya
    * Lamban Balak Kedatun Keagungan Lampung
    * Sumur Putri
    * TPI Lempasing

Sarana Transportasi

Transportasi Darat
Berdasarkan data Kota Bandar Lampung dalam Angka tahun 2003, Kota Bandar Lampung memiliki jaringan jalan sepanjang 900.320 km yang terdiri dari 221.420 km jalan dalam kondisi baik, 332.140 km dalam kondisi sedang, 110.910 km dalam kondisi rusak, dan 47.540. km dalam kondisi rusak berat.
Pembangunan Prasarana Jalan raya di Kota Bandar lampung selama ini mengutamakan peningkatan kondisi atau kualitas jalan-jalan yang sudah ada, sedangkan pembangunan jalan-jalan baru diarahkan dalam rangka perluasan kota dan membuka daerah yang terisolir. Sasaran pembangunan jalan ditujukan untuk menghubungkan transportasi pada daerah pinggiran kota. Sedangkan jalan lingkungan / setapak untuk didaerah pemukiman termasuk dikelurahan dengan penduduk miskin yang cukup banyak.
Pembangunan sektor transportasi di Kota Bandar Lampung menitik beratkan pada angkutan jalan raya atau transportasi darat yang berfungsi sebagai penghubung antar daerah, antar kota dan angkutan/ lalu lintas pergerakan dalam kota dengan fungsi utama untuk mendistribusikan barang dan jasa dari pusat produksi dan daerah pertumbuhan kedaerah pemasaran atau konsumen. Dalam mendukung pelayanan pendistribusian penumpang dan barang, saat ini di Kota Bandar Lampung terdapat lima buah terminal dan stasiun kereta api.

Adapun terminal angkutan darat yang ada di Kota bandar Lampung, sebagai berikut :
  1. Terminal Rajabasa yang menampung angkutan bus antar daerah dan antar kabupaten.
  2. Sedangkan untuk melayani angkutan kota, sebagai berikut :
  • Terminal Sukaraja, dapat melayani 4000 penumpang setiap hari
  • Terminal Kemiling, dapat melayani 1600 penumpang setiap hari
  • Terminal Panjang, dapat melayani 1600 penumpang setiap hari
  • Terminal Pasar Bawah, dapat melayani 1400 penumpang setiap hari
Selain jalan dan terminal, Kota Bandar Larnpung adalah salah satu kota di Pulau Sumatera yang terlayani moda transportasi kereta api yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Subdivisi Regional 111. Rute pelayanan jaringan jalan rel kereta api masih tunggal, yaitu menghubungkan Propinisi Lampung dengan Propinsi Sumatera Selatan, dengan panjang jalan rel 204,99 Km. Angkutan Kereta Api merupakan alternatif moda transportasi yang memiliki peranan penting dalam rangka meningkatkan mobilitas orang dan barang.

Transportasi Laut

Berdasarkan RTRW Kota Bandar Lampun Tahun 2005 – 2015, Kota Bandar Lampung mempunyai prospek sangat strategis, karena wilayah Kota Bandar Lampung terletak diujung selatan Pulau Sumatera yang merupakan pintu gerbang angkutan barang dan jasa, yang meliputi berbagai komoditas ekspor melalui Pelabuhan Panjang. Adapun pelabuhan-pelabuhan laut yang ada di Kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut :
  1. Pelabuhan Panjang (ekspor-impor)
  2. Pelabuhan Srengsem, merupakan tempat bertambatnya kapal-kapal ikan tradisional
  3. Pelabuhan tempat pelelangan ikan yang berlokasi di Lempasing Teluk Betung Barat
  4. Pelabuhan batu Serampok, berfungsi untuk pengangkutan hasil tambang
Pelabuhan penunjang lainnya adalah Pelabuhan Bakauheni yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan yang berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan/penghubung Pulau Sumatcra dan Pulau Jawa. 

Transportasi Udara

Pelabuhan Udara Radin Inten II terletak 28 Km sebelah barat laut dari Kota Bandar Lampung. tepatnya di Wilayah Lampung Selatan. Walapun lokasinya berada di luar wilayah Kota Bandar Lampung namun Pelabuhan Udara Radin Inten II cukup vital peranannya bagi Kota Bandar Lampung dari aspek pemerintahan dan bisnis. Secara geografis Pelabuhan Udara Radin Inten II terletak pada 05°45’ Lintang Selatan dan 105°11’ Bujur Timur.


HOTEL BERBINTANG

NAMA HOTEL ALAMAT LENGKAPJML KAMAR
 KELAS

SHERATON LAMPUNG JLN WR MONGONSIDI NO 175 BANDAR LAMPUNG TLP (0721) 486666 FAX (0721) 4866901074
INDRA PURI JLN WR MONGONSIDI NO 70 BANDAR LAMPUNG TLP (0721) 258250 FAX (0721) 262440573
SAHID BANDAR LAMPUNG JLN YOS SUDARSO NO 294 BANDAR LAMPUNG TLP (0721) 488888 FAX (0721) 4865891053
MARCOPOLO JLN WR MONGONSIDI NO 175 BANDAR LAMPUNG TLP (0721) 486666 FAX (0721) 4866901073
ARINASJLN RADEN INTAN NO 35 BANDAR LAMPUNG TLP (0721) 266778 FAX (0721) 268647431